Monday, December 27, 2010

kangen :"(

temen2 kok akhir-akhir ini kita jarang main ya, kumpul2 kek, maen kemana kek, ato cuma cerita-cerita aja. kayaknya pada sibuk banget ya, apa aku ? sorry ya kalo aku. tapi rasanya dah kayak punya dunia sendiri2. aku pengen kayak dulu sama kalian deh. aku kangen :"(
buat : ayyil, rosa, sari, sinta, kania, upong, ririn, arki

Thursday, December 23, 2010

Rum Raisin Chocolate Ice Cream


Jingga warna langit sore itu. Sinar-sinar mentari tampak asyik bergelut senja. Sebagian dirinya telah tenggelam dibalik bukit yang menjulang tinggi di depanku.  Dan kini tinggallah sisa-sisa mega dengan semburat oranyenya menghiasi langit. Tapi sebentar lagi, panorama itu pun akan lenyap seperti induknya. Dan langit pun akan segera menghitam dengan aksen ratusan bintang yang menari-nari riang diantaranya. Semoga saja aku bisa melihatnya, semoga mendung tak menghalangi sinar-sinar itu nanti malam.
Pukul 5.oo tepat, saat aku melihat itu semua. Memperhatikan dalam beberapa saat keadaan langit sore itu. Indah sekali. Aku pun memutuskan berhenti sejenak di sebuah taman. Memarkir sepedaku di sebelah barat taman, membiarkannya bersandar pada pohon kamboja yang mulai meranggas. Aku melirik kursi taman panjang yang teronggok di depanku. Kursi itu kosong, dan aku bergegas menuju ke arahnya dan mendudukinya. Kuhela nafas panjang. Pikiranku beralih pada semuanya yang telah terjadi dalam hidupku. Belia. Mereka biasa memanggilku. Ya, memang itulah namaku. Sesuai dengan namaku itu, aku memang masih belia. Usiaku baru saja memasuki kepala dua, 20 tahun.  Seharusnya diusiaku yang terbilang muda ini aku menikmati masa mudaku, bermain di mall, berpetualang bersama teman-teman sebayaku, menikmati masa-masa indahnya pacaran, kuliah dan menerima semua fasilitas yang orang tuaku berikan untuk membuatku bahagia. Namun demua itu tak terjadi padaku. Sungguh kenyataan yang menyakitkan bahwa aku  tak pernah sekalipun merasakan apa yang seharusnya aku rasakan. Bagiku, semua itu hanyalah mitos, cerita dan dongeng-dongeng khayalan yang mereka ceritakan kepadaku untuk membuatku senang. Itu semua hanyalah mimpi untukku. Mimpi yang indah, dan mungkin kata “kebahagiaan” untukku termasuk didalamnya. Dan aku tak tahu, kapan kata itu menjadi kenyataaan. Dua pertanyaan yang sangat menganjal dibenakku tentang kata itu : akankah ? dan kapan ?
Kupandangi taman di sekitarku yang saat itu sangat sepi. Entah kemana orang-orang hingga tak seorangpun ada di sana. Menikmati indahnya matahari tenggelam dengan segala kehangatan sinar yang dipancarkannya. Mungkin mereka yang lain sedang menikmatinya juga, tapi tak di taman ini. Mungkin di suatu tempat yang sangat indah di sana dan sangat elit, mahal dan privat. Tak seperti di taman ini, ya mungkin saja. Sepertinya aku salah berada di lingkunganku sekarang. Tumbuh dan berkembang di antara anak-anak dengan segala keglamorannya, dengan segala fasilitas financial yang sangat mewah. Ya, aku sadar. Aku tak seperti mereka, aku hanyalah anak dari sebuah keluarga sederhana di pinggiran kota Jogja. Ayahku telah meninggal saat usiaku 10 tahun, dan kini tinggallah aku dengan ibuku. Ibuku hanyalah seorang penjahit pakaian kecil-kecilan. Ya, seberapalah gaji seorang penjahit saat ini. Aku sadar betul akan hal itu. Walaupun demikian, ibuku berusaha sekuat tenaga untuk menghidupi kami. Kadang, dia bekerja hingga larut malam dan itu selalu membuatnya jarinya tertusuk jarum saat hendak menjahit. Jujur, aku tak tega melihatnya. Ingin sekali rasanya aku memeluknya satiap malam, berharap ada hal yang bias aku kerjakan untuk meringankan beban ibuku. Tetapi ibuku selalu saja menolak setiap kali aku ingin membantunya, dia tidak ingin aku tidur terlalu larut hanya karena membantunya menjahit. Sungguh, aku sangat bangga padamu ibu. Tapi  kini, aku bukan anak kecil lagi. Kini saatnya aku membantu ibuku. Meringankan bebannya karena aku tahu dia sudah tak muda lagi. Tadi pagi saat aku berpamitan untuk pergi kuliah, kucium tangannya. Aku merasakan keriput di tangannya  bertambah banyak dari sebelumnya, dan uban pun mulai menghiasi rambutnya yang sedikit ikal. Tenaganya pun sudah tak sekuat dulu. Dan itulah yang menggerakkan aku untuk memulai pekerjaanku hari ini. Ya, mulai sekarang, mulai hari ini, aku resmi bekerja sebagai pelayan di sebuah kafe yang terletak di Jalan Jenderal Sudirman. Jam kerjaku tak begitu lama, dari jam 2 siang sampai maghrib. Aku hanya part time di sini  karena aku harus menyelesaikan kuliahku. Aku tak ingin menyia-nyiakan yang satu ini. Karena aku yakin, aku akan sukses suatu saat nanti.
Langit di atasku mulai menghitam. Semburat mega yang sedari tadi setia menemani pun kini telah memudar. Kulihat jam yang melingkat ditanganku. Sudah pukul 6.30 rupanya. Pantas saja langit telah menghitam. Tak terasa sudah cukup lama aku terdiam di sini..
***
Disinilah aku sekarang. Berdiri di depan meja kafe  d’teroulty  untuk melayani pembeli. Hmm… rupanya saat ini kafe tak begitu ramai. Pandangan kulempar lurus kearah pintu masuk kafe. Celingukan mencari sosok-sosok pengunjung yang hendak datang. Namun tak ada, tak satupun. Aku menarik kursi dibelakangku dan mulai duduk sembari membaca majalah untuk menghilangkan rasa bosan.
“Menu biasa satu ya!“ Terdengar suara itu mengagetkanku. Aku segera berdiri dan berusaha menemukan darimana asal suara itu.
“Maaf Mas, mau pesan apa ?” tanyaku sekali lagi kepadanya. Aku memperhatikan pelangganku ini. Seorang lelaki, berkulit sawo matang dengan rambut ikal. Hidungnya mancung dan dagunya terbelah. Tampan sekali. Beberapa detik ia membuatku terpaku Dan beberapa detik pula tak ada pembicaraan.
“Mau pesan apa, Mas ?” tanyaku sekali lagi karena dia tak kunjung menjawab pertanyaanku . Dan kini, perhatiannya beralih kepadaku. Mungkin suaraku tadi terdengar sedikit meninggi hingga membuatnya kaget.
“Menu biasa satu ya, Mbak . Nanti diantar di meja nomer 7!” lanjutnya. Senyumnya merekah diakhir kalimat itu. Senyum yang sangat indah, dari seorang pria yang sangat tampan. Aku tak tahu perasaan apa ini, yang jelas aku seperti mimpi saat itu. Seandainya saja aku bisa menghentikan waktu..
Dia berjalan lurus menuju ke meja nomer 7. Duduk manis di sana, di meja yang terletak di sudut barat kafe ini. Dia terlihat hanya seorang diri. Dan kali ini senyum merekah pada bibirku, mungkin ini sebuah pertanda baik. Semoga saja. Dia terlihat sedang sibuk dengan map-mapnya tadi. Mengeluarkan kertas-kertas didalamnya, kemudian dengan saksama mulai menulisi kertas-kertas itu. Entah apa aku tak tahu.
Beberapa menit kemudian aku terdasar,  aku tak tau apa yang sesungguhnya dia pesan . aku terlalu sibuk memperhtikannya tadi.  Bodohnya !
Aku mendatangi meja nomer 7 itu dengan sedikit perasaan malu. Aku tak tahu harus aku taruh  mana mukaku ini. Tapi bagaimanapun juga, aku harus melakukan ini.
“Maaf Mas, tadi pesan apa ya ?” tanyaku dengan sedikit cengegesan. Aku tak tahu ekspresi apa yang seharusnya aku tampilkan saat itu “ Tadi Masnya bilang menu biasa, tapi saya nggak tahu apa maksud Masnya itu”
“Hahaha…” dia menghentikan kegiatannya menulisi kertas-kertas itu, dan perhatiannya kini seratus persen kepadaku. Dan dia mentertawakanku, malu sekali rasanya “ Rum raisin chocolate ice creamnya, satu ya, Mbak “
“Hehehe… maaf ya Mas, saya baru di sini. Jadi masih butuh waktu untuk menghafal menu biasa semua pelanggan di sini. Sekali lagi maaf ya Mas.” Lanjutku ramah.
“Oh pegawai baru ya Mbak. Nggak apa-apa kok, nanti juga lama-kelamaan pasti biasa juga.” lanjutnya.
Syukurlah dia baik hati, dan tidak ingin memperpanjang masalah. How perfect that man is ! Gumamku dalam hati sembari meninggalkan meja itu untuk segera membuatkan pesanan mas ganteng itu, ya mas ganteng mungkin cocok untuk dia. Selain karena aku tak tahu namanya, wajahnya juga ganteng sih.
Jadi, ini yang namanya rum raisin chocolate ice cream! Gumamku dalam hati, sesaat aku melihat semangkuk ice cream coklat dengan kismis bertaburan diatasnya  dan sebuah waffle tegak berdiri di bagian atas ice cream itu teronggok didepanku. Aku tak pernah melihat seperti ini sebelumnya. Maklum sajalah, aku tak pernah makan makanan semahal ini, makan daging aja bisa dihitung cukup dengan satu tangan saja.
Segera kuantarkan ice cream itu ke meja no 7. Tak banyak berubah, dia masih juga sibuk dengan kertas-kertas itu. Dia tak menyadari kehadiranku, bahkan saat aku menaruh ice cream  di meja berangka 7 itu.
“Ini mas ice creamnya, silahkan di makan!” sapaku untuk memulai pembicaraan dengannya.
“Iya, makasi Mbak Belia “ sahutnya. Aku terkaget. Dia memanggilku Belia. Dari mana dia tahu ? Aku terpaku sesaat karena bingung apa yang sebenarnya terjadi..
“Belia ? Dari mana Masnya tahu nama saya ?” lanjutku spontan. Aku hanya ingin tahu dari mana dia tahu namaku. Itu saja
“ Itu…” dia mennujuk sesuatu di atas saku sebelah kananku. Aku mengikuti arah jari-jari itu. Dan di sanalah aku mendapat jawabannya. Dia tahu namaku dari bordiran nama yang ada di atas sakuku. Belia Odilia Rahman. Tertulis sangat jelas, dan besar. Betapa bodohnya aku saat itu.
“ Hehehe…” aku tak sanggup berkata-kata lagi. Hanya sebuah senyuman malu yang aku lemparkan. Mungkin saat ini harga diriku telah jatuh terinjak-injak dimata lelaki itu. huft…. Aku menarik nafas panjang. “ Ada yang mau dipesan lagi Mas… ?” tanyaku. Dengan tanda titik-titik di akhir kalimat karena aku tak tahu siapa namanya. Sepertinya intonasi kalimatku tadi terdengar sangat menggantung dibagian akhir karena aku tak bisa menyelesaikannya.
“Adit “ lanjutnya. Dia mengacungkan tangannya kepadaku seraya mengajak berkenalan.. Segera kuraih tangan itu dengan raut wajah sangat-sangat bahagia. Akhirnya, aku tau siapa dia. Gumamku dalam hati. Senang sekali rasanya. Tanpa sadar  beberapa kali senyuman merekah di bibirku. Semoga saja dia tak tahu itu.
“ Sendirian aja Mas ?”  sapaku, setelah beberapa saat yang lalu aku berhasil menjabat tangannya. Dari tadi aku melihat dia hanya sendirian di sini, tapi entahlah. Barangkali dia sedang menunggu seseorang, atau sekedar janjian dengan pacarnya mungkin. Semoga saja tidak, Do’aku dalam hati.
“  Aku janjian sama orang . Itu dia datang …!” lanjutnya seraya menunjuk pintu masuk kafe . Aku mengikuti arah telunjuknya , dan tepat di sana ada seorang wanita cantik tengah berdiri di depan pintu. Celingukan mencari sesuatu, dan aku yakin pasti yang dicarinya adalah Adit. Wanita itu sangat cantik, rambutnya panjang ikal bergelombang, Tubuhnya tinggi dibalut dengan dress bermotif kupu-kupu sepanjang lutut. Dan dari sini aku dengan jelas dapat melihat matanya yang bersinar abu-abu akibat soflense yang di pakainya. Satu kata saja sebenarnya cukup untuk mendeskripsikan wanita itu:  sempurna !
Aku segera meninggalkan meja nomer 7 itu dengan perasaan hancur. Sepertinya baru beberapa menit yang lalu perasaanku berbunga-bunga karena berhasil mengetahui namanya, Adit. Dan sekarang semuanya telah hancur berkeping-keping dan tak dapat lagi disatukan. Yah, mungkin aku yang begitu bodoh karena mengharapkannya. Berkenalan dengannya mungkin itu bagaikan mukjizat bagiku. Jadi, jangan mengharap lebih deh bel ! hatiku meronta .
***
Hari ini, tepat sebulan  aku bekerja di sini. Aku mulai bisa beradaptasi dengan lingkunganku saat ini. Ini tidak begitu buruk. Pekerjaanku di sini tidaklah begitu berat, dan jam terbangnya pun tak lama. Maklum, kan statusku di sini hanyalah partime. Dan sebulan yang lalu, adalah hari dimana aku berkenalan dengan Adit. Lelaki yang sangat sempurna, bahkan hampir aku tak bisa menemukan celah pada sosoknya. Walaupun baru sebulan, aku mendapat banyak pelajaran hidup darinya. Dia sungguh tahu bagaimana memperlakukan wanita,  dia selalu menghargai orang lain, tak peduli siapa pun mereka. Sungguh, aku senang sekali dapat megenalnya. Dan yang aku sedihkan, sebentar lagi dia akan pergi ke Belanda untuk meneruskan studinya di sana. Aku ingin lebih lama bersamanya di sini, walaupun aku tahu dia bukan milikku. Dia satu-satunya temanku di sini. Meskipun aku tahu,  aku tak berarti baginya.  Aku sadar, aku tak bisa membohongi perasaanku padanya. Sekuat apa pun aku berusaha membuang jauh-jauh perasaan itu, mencoba menguburnya dalam-dalam dalam hatiku, semakin perasaan itu memancar dalam hatiku. Ya aku tahu, aku cinta Adit. Tapi sepertinya itu tak berlaku sebaliknya. Apakah aku salah pernah merasakan ini semua ?
Perlahan aku duduk di meja nomer 7 di kafe itu, meja tempat Adit biasa menghabiskan waktunya di kafe ini, dengan mengobrol denganku tentang cita-citanya menjadi pelukis ternama, tentang cita-citaku menjadi seorang dokter, tentang semuanya yang menurut kami pantas untuk diceritakan, menggambar sket wajah beberapa orang, dan aku masih ingat saat dia menggambar wajahku saat itu, dan jujur sampai sekarang aku selalu menyimpannya. Aku tak ingin kehilangan gambar itu, dan tentunya orang yang menggambar itu.
Aku menatap sekeliling. Sudah sekitar seminggu meja ini kosong, yah ini adalah hari ketujuh Adit tak datang ke kafe ini. Ada apa ? Mengapa dia tak pernah datang lagi ? Apa yang terjadi dengannya ? Apakah dia sudah berangkat ke Belanda? Mengapa dia tidak pamit kepadaku ? semua pertanyaan itu seketika menghujami pikiranku, merasuki otakku, seakan aku menyunggi sebuah tanda tanya besar di atas kepalaku. aku tak bisa menjawabnya. Hari itu, waktu terasa berjalan sangat lambat. Tak ada semangat hidup, tak ada gairah, tak ada Adit. Aku tak tahu mengapa diriku benar-benar hancur  seperti ini, kehilangan semangat. Aku tak tahu ternyata Adit sangatlah berarti bagiku. Dan sekarang disaat aku harus menghadapi kenyataan kalau dia hanyalah sepenggal cerita indah dalam hidupku, aku merasa sangat hancur. Tapi aku tak pernah menyesali ini semua, lebih baik aku bahagia kemudian hancur daripada aku belum pernah merasa bahagia sama sekali. Terima kasih Adit.
Langit kembali menjingga sore ini. Pukul 5.00 tepat saat aku melihat jam yang tergantung di sudut barat kafe.  Aku membereskan piring-piring yang berantakan di dapur, membersihkan meja-meja agar terlihat rapi, memastikan semuanya dalam keadaan baik. Dan kafe pun siap untuk tutup. Sinar-sinar matahari sore itu dengan  mudah masuk kedalam kafe melalui jendela-jendela besar gaya Eropa, dan kini semuanya tampak begitu terang karenanya. Pandanganku beralih ke pintu masuk kafe, ada seseorang di sana. Berdiri di depan pintu. Sepertinya dia pelanggan kafe ini. Aku tak bisa meihat wajahnya dengan jelas, siluet-siluet sinar itu menghalangi pandanganku, membuatku silau sehingga aku hanya bisa meihat banyangan hitam karena tubuhnya menghalangi sinar-sinar itu. Aku pun memutuskan untuk menghampirinya.
Perlahan kubuka pintu kafe itu. Berusaha mencari tahu siapa gerangan di depan sana. Aku tak percaya, siapa yang berdiri didepanku saat itu. Orang yang selama ini aku,cari, orang yang namanya selalu aku panggil dalam do’aku, kini telah berdiri di depanku. Dia tersenyum kearahku.
“ Adit…” sapaku. Aku bingung, aku tak tahu apa maksud semua ini. Ribuan pertanyaan menghujami pikiranku, tapi tak satu kata pun aku lontarkan. Semuanya terlalu memusingkan, dan hanya kata itulah yang mampu aku katakan. Adit
“ Belia….lihat ini !” dia menunjukkan sesuatu kepadaku. Sebuah surat, aku tak tahu apa itu. Segera kuraih surat itu dan kubaca dengan saksama. AMSTERDAM GK2003 DEPT. 08.00 p.m. baru sekilas aku membacanya, aku sudah tahu apa itu. Sebuah tiket pesawat tujuan Belanda, dan dia akan berangkat besok. Sebisa mungkin aku melempar senyum kearahnya, walaupun aku tahu hatiku menangis saat itu. Aku tak bisa menyembunyikannya, aku sedih, aku tak ingin kehilangannya, tapi aku juga tak mampu berbuat apa-apa.
“ Jadi kamu berangkat besok Dit ?” tanyaku kemudian. Aku sesungguhnya tak tahu apa yang mesti aku tanyakan, semuanya begitu sulit untuk dikatakan.
“ iya… aku senang sekali bisa mendapatkan beasiswa itu. Selama seminggu ini aku mati-matian berjuang untuk itu. Tiap hari harus tes inilah, itulah, tapi akhirnya aku berhasil. Senang sekali rasanya “ lanjutnya. Dari raut wajahnya, aku tahu dia sangat senang mendapatkan semua ini. Dan  sepertinya, tak sedikitpun terpancar kesedihan dari raut wajahnya, dia tidak sedih untuk meninggalkanku, padahal aku sangat sedih kehilangannya.
 “Aku kesini mau pamit sama kamu  kamu baik-baik ya disini . Aku yakin suatu saat nanti, saat kita bertemu lagi, aku pasti telah menggenggam dunia, dan aku meihatmu mengenskan jas putih itu dengan anggunnya dan mulai memeriksa pasien-pasienmu. Aku yakin itu saat itu pasti ada, dan tak lama lagi. Aku yakin.”  
Di luar, langit  mulai menghitam. Mega-mega yang sedari tadi setia menemani, kini telah musnah dan di gantikan oleh balutan hitam kelam diatas sana. Bintang-bintang rupanya tak rela membiarkan langit nampak begitu muram, mereka pun datang dan berhamburan di sana. Cantik sekali. Dan disinilah kami, masih berdiri di depan pintu kafe. Dan inilah untuk terakhir kalinya aku menatap orang didepanku ini. Dan aku membutuhkan sedikit waktu untuk meyakinkan diriku akan hal itu.
“Jangan menangis Belia…” Dia menghapus air mataku yang nampaknya mulai mengucur deras dan membasahi pipiku. “ Lihat itu ! Disana, ada dua bintang yang bersinar terang, yang satu namanya bintang Adit, yang satu namanya bintang Belia “Dia meraih tanganku. Mengarahkan telunjukku kearah bintang-bintang yang dimaksud. Aku menatap bintang-bintang itu dengan seksama meskipun aku tak tahu apa maksudnya. “ Aku nggak kemana-mana Belia, lihat ! Bintang Adit selalu bersama bintang Belia kapanpun. Jadi kamu nggak bakal kehilanganku. Dan setiap kali kamu butuh aku, tinggal lihat ke atas. Aku akan selalu di sana untuk menemanimu dan menjagamu Belia. Percayalah “ Dia berusaha meyakinkanku.
Tak dapat dipungkiri, kalimat-kalimatnya kali ini benar-benar berhasil menenangkan batinku. Aku yakin, dia selalu bersamaku, aku yakin dia selalu menjagaku, dan aku yakin saat-saat bersama ini akan segera terulang kembali . tak lama lagi. Aku yakin itu. aku tersenyum kearah Adit yang saat itu tengah memegang erat tanganku.  

Jarak terdekat di muka bumi ini bukanlah jarak antara nadi dan lehermu, tetapi jarak antara dua hati yang telah bersatu walaupun raga mereka terpisah ribuan mil jauhnya.
-MN-


untuk antologi cerpen 3 kota
PARANOIA
17 Desember 2010
Balai Bahasa Yogyakarta


Saturday, November 13, 2010

19 november 2010, semua akan terajwab :")

aku nggak mau nulis apa-apa. aku nggak ingin memepengaruhi semua keputusan yang akan kamu buat. aku ingin semua murni dari hatimu. ikuti aja kata hati, aku yakin hati nggak penah salah. dan aku yakin kamu akan memilih yang terbaik untuk kita :)

love you so :)

Tuesday, November 9, 2010

Aladdin: A Whole New World

I can show you the world
Shining, shimmering, splendid
Tell me, princess, now when did
You last let your heart decide?

I can open your eyes
Take you wonder by wonder
Over, sideways and under
On a magic carpet ride

A whole new world
A new fantastic point of view
No one to tell us no or where to go
Or say we're only dreaming

A whole new world
A dazzling place I never knew
But when I'm way up here, it's crystal clear
That now I'm in a whole new world with you
Now I'm in a whole new world with you

Unbelievable sights
Indescribable feeling
Soaring, tumbling, freewheeling
Through an endless diamond sky

A whole new world
Don't you dare close your eyes
A hundred thousand things to see
(Hold your breath, it gets better)

I'm like a shooting star
I've come so far
I can't go back
To where I used to be

A whole new world
Every turn a surprise
With new horizons to pursue
Every moment red-letter

I'll chase them anywhere
There's time to spare
Let me share this whole new world with you

A whole new world
That's where we'll be
A thrilling chase
A wondrous place
For you and me

Monday, November 1, 2010

halooo November, Let's be friends :D

nggak kerasa hari ini udah tanggal 1 NOVEMBER. Waktu ternyata cepet banget ya, the world is turning so fast. huuuuh november, abis itu desember, habis itu januari, februari, terus MARET. ujian deeeeh :( ngerasa belum siap banget buat itu. tapi siap nggak siap harus siap, ujian nggak akan nunggu kita sampai siap. kita harus hadapi kenyataan itu dan mempersenjatai diri semalsimal mungkin :D

#novemberwish : LULUS dan diterima di univ yang dipengenin ( ALL PADMANABA 66 )
#novemberwish : keluarga sehat nggak ada masalah dan sering ngumpul :D
#novemberwish : langgeng ma bunch bunch, nggak sering berantem muahaha love you :*
#novemberwish : selalu bersama sahabat sahabat saya tercinta : ayyik, rosa, sari, arki, ririn, sinta, upong, nijong, thea, egga, kania, hayu, intan, and many more :)
#novemberwish : menjalin hubungan baik dengan teman2 baruku,yang di pkbi ( egi, peppy, hendra, mbak dian, mas galing, mbak poet, mbak dewi, sonyaaaa, liston dll) yang di aji damai ( mas pedro, mbak wahyu, mbak puspita, mas said, dll ) yang di api damai ( kokom, vella, dimas, claudio, fara, heni, yola, aya, brian, yunus, dll) let's be friend guys :)
#novemberwish :film girls decide region asia pasifik cepet kelarr ( tapi aku nggak mau nonton ) dan terus berhubungan baik dengan temen2 ku yang  jauh disana ( Zulaikha, katie, scott, eliot, jaaay, jaya, maya ) doakan saya kapan kapan bisa mengunjungi kalian di uk ma dutch :D
#novemberwish : merapi nggak banyak tingkah, soalnya capek pake masker terus :p
#novemberwish : bisa mnjadi anak yang rajin dan berbakti pada orang tua haha dan dilancarkan rezekinya
#novemberwish : bisa bikin jogja damai dan menjadi anggota yang baik buat aliansi pelajar untuk Indonesia damai
#novemberwish : JB sama Padz akur, nggak breng terus terusan:)
#novemberwish : bisa masuk galangpress, apa aja deh tulisannya
#novemberwish : pingin nonton mocca lagi :( ada yang tahu kapan dan dimana ?
#novemberwish : PPHP 68 lancar dan profit semua :)
#novemberwish :  kepemimpinan sma3 menjadi lebih baik :)
.......
udah . kayaknya banyak banget ya pinginnya. namanya juga manusia, selama masih hidup mesti punya keinginan dong, tapi satu yang yang pasti, aku selalu berusaha bersyukur apapun itu, walaupun mungkin belum bisa dapet apa yang aku pinginin, nggak semua yang kita pinginin bisa kita dapatkan kan ? God has 3 answer for your prays : pending, not yet, and God has another way better than what you ask to him :) just belive it guys !

Friday, October 22, 2010

fairytale

......dan akhirnya pangeran lobak dan putri seledri hidup bahagia selamanya =3

On the night like this

On the night like this
There’s so many things 
I want to tell you
On the night like this
There’s so many things 
I want to show you

Cause when you’re around
I feel safe and warm
When you’re around
I can fall in love every day

In the case like this
There are a thousand good reasons
I want you to stay…
entahlah, ini pertama kalinya aku merasa ini. hmmm perasaan yang tidak dapat digambarkan dengan kata-kata. aku sendiri pun tak tahu pasti apa yang aku rasakan. entahlah, hanya saja aku merasa ........
Tuhan aku kenapa ?
dua bulan yang lalu :") 
thank you always comfort me, love you so much :*

Saturday, October 16, 2010

ode for the love ones

This is a song for the love ones
You are my light
You are my love
And you are my live

This is a song for the love ones
You are my hope
You are my tears
And you are my everything

This is a song for the love ones

Monday, October 11, 2010

maaf untuk menjadi salah di antara kalian. mungkin Tuhan menghendaki saya dilahirkan untuk menjadi salah, saya terima itu.

Saturday, October 9, 2010

belajar

dengan sering terjatuh, kita belajar betapa indahnya saat kita berdiri tegak, dan karena itu kita berusaha untuk tidak terjatuh lagi

dengan sering marah, kita belajar betapa susahnya menjaga perasaan orang lain, dan karena itu kita berusaha untuk tidak marah lagi

dengan sering menangis, kita belajar betapa indahnya saat kita tertawa, dan karena itu kita berusaha untuk tidak mengangis lagi

dan dengan sering merasa lelah, kita belajar betapa susahnya sebuah perjuangan, dan untuk itu kita berusaha untuk tidak pernah putus asa

dengan sering dikhianati , kita belajar betapa berharganya sebuah kepercayaan, dan karena itu kita berusaha untuk  menjaga kepercayaan dan tidak menghianatinya

dan dengan merasakan pahit, kita belajar betapa indahnya rasa manis, dan sebelum kita mencoba pahit, kita tak akan pernah mengetahui apa itu manis

dan dengan adanya hitam, kita belajar merasakan indahnya putih

begitu juga

dengan sering kehilangan, kita belajar betapa indahnya saat kita memiliki, dan karena itu kita akan berusaha menggenggam semuanya erat erat agar tak ada kata kehilangan lagi

dan dengan tersakiti, kita belajar betapa indahnya saat kita mencintai

dan semuanya telah kulalui, tersenyum :)

terimakasih untuk orang orang yang telah mengajari saya untuk itu semua
, sebuah pelajaran yang tak diajarkan disekolah manapun.
teriamakasih kalian telah membuat saya menjadi sedikit kuat, karena saya memang rapuh .
dan terima kasih, karena apa yang kalian lakukan dimasa lalu,
membuat saya mengerti, dan memahami.
dan belajar
belajar betapa susahnya membangun kembali sebuah kepercayaan, belajar betapa susahnya untuk selalu melihat ke depan tanpa bayang-bayang ketakutan masa lalu,
memang susah, tapi saya berhasil :)
dan saya bahagia sekarang, bersama orang yang saya cintai, dan mencintai saya :)
saya yakin kalian pasti juga bahagia
dan untuk kali ini, saya akan selalu menjaga, untuk semua kebahagiaan yang telah saya dapatkan sekarang. 
karena saya sudah belajar untuk itu semua

Monday, October 4, 2010

aku disampingmu =)

kulihat engkau diam
larut hening dalam
sepi hatimu

ku tahu engkau lelah
berat tuk melangkah
ke mana arahmu

tenanglah tenang
aku di sampingmu
slalu ada menjagamu

tenang lah tenang
aku di sisimu
slalu ada menuntun mu

pejamkan matamu
jangan pernah ragu
untuk melangkah

raihlah semua
angan dan mimpimu
inilah waktumu

sandarkanlah kepalamu
di bahuku
menangislah…



...........

Jika kita mencintai seseorang, kita akan senantiasa mendo’akannya walaupun dia tidak berada disisi kita.
Tuhan memberikan kita dua kaki untuk berjalan, dua tangan untuk memegang, dua telinga untuk mendengar dan dua mata untuk melihat. Tetapi mengapa Tuhan hanya menganugerahkan sekeping hati pada kita ? Karena Tuhan telah memberikan sekeping lagi hati pada seseorang untuk kita mencarinya. Itulah Cinta …
Cinta datang kepada orang yang masih mempunyai harapan, walaupun mereka telah dikecewakan. Kepada mereka yang masih percaya, walaupun mereka telah dikhianati. Kepada mereka yang masih ingin mencintai, walaupun mereka telah disakiti sebelumnya dan Kepada mereka yang mempunyai keberanian dan keyakinan untuk membangunkan kembali kepercayaan.
Mungkin Tuhan menginginkan kita bertemu dan bercinta dengan orang yang salah sebelum bertemu dengan orang yang tepat, kita harus mengerti bagaimana berterimakasih atas karunia tersebut.
Hal yang menyedihkan dalam hidup adalah ketika kamu bertemu seseorang yang sangat berarti bagimu, hanya untuk menemukan bahwa pada akhirnya menjadi tidak berarti dan kamu harus membiarkannya pergi.
Lemparkan seorang yang bahagia dalam bercinta kedalam laut, pasti ia akan membawa seekor ikan. Lemparkan pula seorang yang gagal dalam bercinta ke dalam gudang roti, pasti ia akan mati kelaparan.
Cinta sebenarnya adalah membiarkan orang yang kamu cintai menjadi dirinya sendiri dan tidak merubahnya menjadi gambaran yang kamu inginkan. Jika tidak, kamu hanya mencintai pantulan diri sendiri yang kamu temukan didalam dirinya.
Kamu tidak akan pernah tahu bila kamu akan jatuh cinta. Namun apabila sampai saatnya itu,raihlah dengan kedua tanganmu dan jangan biarkan dia pergi dengan sejuta rasa tanda tanya dihatinya.
Bercinta memang mudah, untuk dicintai juga memang mudah. Tapi untuk dicintai oleh orang yang kita cintai itulah yang sukar diperoleh.
Berhati-hatilah pada sebuah pena, karena dia bisa meninggalkan luka yang lebih dalam dari sayatan sembilu dan sanggup menyisakan rasa yang lebih pedih dari hempasan rotan. Itulah cinta..
Kami bukanlah mencari malaikat yang tanpa celah untuk menjadi pendamping kami. Justru karena itulah kami akan berusaha untuk menambal celah yang ada pada malaikat ituitu sekuat tenaga kami.
Jangan sesekali mengucapkan selamat tinggal jika kamu masih mau mencoba. Jangan sesekali menyerah jika kamu masih merasa sanggup. Jangan sesekali mengatakan kamu tidak mencintainya lagi, jika kamu masih tidak dapat melupakannya.
Cinta hanya satu. Teruslah bawa cinta mu itu kemanapun. Sampai ada cinta lain yang berhasil mengisi hatimu.

Sunday, October 3, 2010

dan aku menyebutnya cerita

aaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa :'( entahlah, aku nggak ngerti apa yang sebenarnya terjadi hari ini. semua berubah begitu cepat. tawa, haru, tangis, narah, kesal, menyesal, dan maaf. aku bingung, aku sungguh nggak pengen hari ini terjadi. cukup hari ini saja, kumohon. sejenak aku ingin memperbaikinya, tapi sekali lagi aku tak tahu bagian mana yang harus diperbaiki. tak ada yang salah, tapi kenapa keadaan tiba-tiba menjadi salah ? maaf, mungkin saya tidak bisa mengendalikan ego saya, maaf untuk menjadi seorang yang egois, maaf jika tiba-tiba menjadi api yang kemudian membakar ilalang anda yang tak berdosa, asal anda tahu saya akan segera mematikan api itu sekuat saya bisa, maaf kadang saya tidak sesuai harapan anda, maaf untuk terlalu sering mengatakan maaf dalam perjalanan ini. hanya saja kata itulah yang ada di otakku, yang menurutku, mampu memperbaiki semuanya. mungkin.

hahaha baru saya sadar, saya tak sekuat yang saya kira. mungkin hanya perasaan saya, atau mengkin memang demikian adanya. saya rapuh. tapi tenang, saya akan berusaha memperbaiki semuanya, sekuat saya bisa, semampu saya. tapi mungkin, jika saya merasa lelah, dan putus asa, mungkin saya hanya diam. menunggu semuanya membaik dengan sendirinya. jika keadaan bisa dengan cepatnya memburuk tanpa sebab saya yakin kalau keadaan itu pun bisa secepatnya membaik ! hanya saja, saya tak akan pernah diam sebelum saya mencoba segala cara untuk memperbaikinya :')

dan maaf untuk malam ini, saya telah melanggar janji saya, untuk tidak menangis :)

4 oktober 2010

Mega Nirwana


p.s. : i love you anyway :")

Sunday, September 19, 2010

saya tidak pernah tau ternyata saya rapuh :o maaf

Thursday, September 2, 2010

I LOVE HAAAAAAAAAAAAAA :)

akhirnya, setelah sekian lama anak ha berdebat nentuin tanggal buber, hari ini terlaksana juga. seneng banget bisa buber bareng anak ha lagi :))

Saturday, August 28, 2010

mocca - seven days ago :)



7 days ago you said you love me
Was that real or just a dream?
I was so happy I could scream
My Heart was jumping

7 days ago you said you love me
Those words just sweept me my feet
One thing for sure I did believe
Were the things you promised

We'll always be together
And we will love each other
Always and forever
Untill the end of time
..............
 thaaaaaankies :)
 It's pure about you and me, and it's become unimportant to hear what people said :)
 i don't wanna say, but i do. i do love you :)

Bersama Upong di buber JM :)

upoooooooong tak upload di blog aja ya, dari tadi tak upload di fb kagak bisa sampek capek nungguinnya :) suka banget deh ekspresinya upong di foto ketiga, antara orang bingung, sakit perut apa mau muntah :p

Loreal Girls Science Camp 2009


tiba-tiba aja keinget lomba kemarin, kangen temen-temen disana yah walaupun cuma hari tapi seru banget. dan masih nggak habis pikir kenapa lomba kir sponsornya loreal hmmm..... hadiahnya kosmetik, bahkan ada rundown cara memakai make up ke pesta. ckckcck nggak ada hubungannya sama sekali. tapi yasudahlah yang penting dapet rejeki hahaha :)

Kata mereka sih.......

yang bikin bukan saya nih. dari kaskus haha . sumber: kaskus

Quote:
Kalau Lelaki mengirimkan sms ke kamu lebih dari
sekali setiap harinya walau hanya utk
mengucapkan met lunch, tandanya dia ada
perhatian sama kamu..
karena: lelaki jarang melakukan hal itu kalau
hanya karena iseng atau gak ada kerjaan.

Quote:
Kalau Lelaki menelponmu tanpa sebab dan hanya
bilang: "cuma pengen denger suara kamu aja..",
tandanya dia suka sama kamu tapi malu utk
memulai..
karena: Lelaki sadar bahwa dia lah yang harus
membuat first moved tapi takut keliatan banget
kalo dia naksir abis sama kamu..

Quote:
Kalau Lelaki terdiam setelah pertengkaran panjang,
tandanya dia sudah lelah dan ingin pertengkaran ini
berakhir..
karena: Pada prinsipnya, lelaki gak suka
berlama2 bertengkar mulut, kecuali dia banci.
Cukup 3 kalimat awal pertengkaran kalian, dia sdh
mengerti sebab kemarahan kamu..

Quote:
Kalau Lelaki memegang tanganmu atau membelai
rambutmu setelah pertengkaran, tandanya dia
merasa bersalah telah membuatmu marah..
karena: Lelaki yang benar2 sayang sama kamu,
gak akan tega liat kamu menangis, apalagi gara2
dia...

Quote:
Kalau Lelaki bersandar dibahumu dan memintamu
membelai rambutnya, tandanya kamu adalah
satu2nya wanita yg dia cinta sebesar cintanya
kepada ibunya..
karena: Lelaki pantang terlihat lemah/manja
apalagi dhadapan wanita. Kalau dia sampai
melakukan itu padamu, tandanya dia merasa
nyaman dan yakin "pride"nya gak akan berkurang
jika melakukan itu pada dirimu..

Quote:
Kalau Lelaki mengatakan "apa sih yang ngga utk
kamu?" ada dua kemungkinan, dia bener2 suka
sama kamu atau dia playboy sejati.
karena: Lelaki ingin sang wanita pujaan tahu,
kalau dia siap memberikan waktu hanya utknya.
Kalau tipe playboy, biasanya dibelakang kata2 itu
dibarengi pujian2 gak jelas maksudnya.

Quote:
Kalau Lelaki menangis dihadapanmu, tandanya dia
benar2 sayang sama kamu.
>karena: Kodrat Lelaki adalah pantang utk
menangis. Jika ia menangis, hanya ada satu kata:
Dia cinta kamu.

Quote:
Kalau Lelaki sering melanggar aturan2 yang kamu
buat, tandanya dia gak nyaman dikendalikan sama
kamu.
karena: Lelaki tahu apa yg benar dan salah dan
hanya butuh diarahkan, bukan dilarang. Semakin
dilarang, semakin dilanggarnya.

Quote:
Kalau Lelaki cemburu, ada empat kemungkinan
inti:
1. Dia bener sayang sama kamu dan takut
kehilangan kamu.
2. Dia tipe posesif dan menguasai
3. Dia selingkuh dan gak mau di"saingi"
4. Dia punya trauma dalam yg mungkin gak pernah
diceritakannya kepadamu..

Quote:
Kalau Lelaki diam membisu, tandanya dia benar2
marah sama kamu.
karena: Lelaki selama masih "ngoceh" tandanya
masih "1/2 marah". tapi kalau sdh diam, siap2 saja
akan kemungkinan terburuk bagi hubungan kalian
kalau kalian tidak aware.

Quote:
Kalau Lelaki bercerita masa lalunya yang buruk,
tandanya dia memberitahu kamu agar jangan
melakukan hal yang sama.
karena: Lelaki adalah mahluk traumatik dan
parno. Cukup kalian berkata: "aku gak akan
melakukan hal sebodoh itu" sekali saja, dan dia
tidak akan pernah bercerita hal itu lagi.

Quote:
Kalau Lelaki menghilang tiba dari "peredaran",
tandanya dia ingin menjauh dari kamu karena satu
dan lain hal.
karena: Lelaki kadang gak tega utk
meninggalkan kalian, kadang krn hal2 yg kalian
sendiri gak sadar. Kejar dia dan tanyakan
sebabnya kenapa. Kalau dia gak jawab, berarti dia
pengecut dan pantas ditinggalkan.

Quote:
Kalau Lelaki menatap dalam2 kematamu, dia
sedang mencari2 jawab, apakah kalian benar2
cinta kepadanya atau hanya sebatas apakah?
karena: hampir setiap Lelaki merasa unsecured
dalam hubungannya, mungkin traumatik atau
karena pengaruh lingkungan sekitarnya.

Quote:
Jadi kesimpulannya, para wanita
sebenarnya lebih tegar dan kuat daripada para
lelaki yang hanya keras diluar, tapi lembut
dan rentan didalam.

Itulah rahasia terdalam para Lelaki, mudah2an
berguna bagi para cewek...

Friday, August 27, 2010

sudah 135 jam, 8100 menit, dan 486.000 detik tepat saat aku menulis ini. selama bulan yang kita lihat dilangit malam ini adalah bulan yang sama, semuanya akan selalu terjaga.

mocca - Lucky Me

parappa ... parappa ... parappa
Parappa ... parappa


You are always there when i call you
Though i know that you are not feeling right
Even in the dark and rainy night
You are always there to walk me home


I'm so lucky to have you , so happy to love you
Don't wanna live without your love without your smile
Then i know, i love you


Parappa parappa parappa
Parappa parappa


You are always there when i call you
Though i know that you are not feeling right
Even in the dark and rainy night
You are always there to walk me home


I'm so lucky to have you
So happy to love you
Don't wanna live without your love without smile without your sentimental
Live without your love without your cry without your warm embraces
Live without your love without your smile cause i know i love you


Parappa parappa parappa
Parappa parappa

" kami melaluinya dan kami mengalaminya" #2

cerita ini tentang harapan seorang manusia akan hidup putrinya yang terenggut karena konsep pernikahan yang mengharuskan setiap pasangan memiliki anak, yang di-amini oleh sistem yang ada di masyarakat, yang terus dilanggengkan dan dijadikan sebagai alat kuasa untuk menentukan hidup seseorang.

cerita #2

”satu harap dari kebon tebu”

"Sugeng siang mas", sapaku saat kawanku yang satu ini menyambutku di ruang tamunya.
Satu siang di awal tahun 2010, aku mendatanginya untuk mencari informasi tentang tanah yang akan dijual.

Dia kawanku sejak aku masih membantu bapakku menjadi tukang batu. Pilihannya untuk berbisnis jual beli tanah, membawanya pada nasib yang berbeda. Sekarang, aku memanggilnya tuan tanah.
Beberapa tahun lampau, dia adalah tukang bapakku yang biasa menjadi tukang batu untuk pembuatan rumah yang diborong bapakku. Dan aku, beberapa tahun yang lalu juga menjadi buruh tukang batu atau lebih dikenal dengan istilah ”Lettu” (Laden Tukang),hehehe.

Aku beberapa kali menjadi ladennya pada saat masih ikut ”nguli” bapakku. Dia adalah salah seorang yang mengagumi keteguhan bapakku, seorang buruh tukang batu yang bermimpi untuk menyekolahkan anaknya hingga jadi ”insinyur”, dan berhasil mewujudkannya. Di sela-sela tumpukan batu bata, dia sering mengatakan bahwa ingin sekali rasanya mendampingi wisuda anaknya. Sama sepertiku, masih bermimpi untuk mengenakan Toga, suatu hari nanti.Hampir 5 tahun terlewat, saat aku bertandang ke rumahnya, suasananya sudah berubah. Kami sama-sama sudah tidak lagi bergulat dengan pasir dan semen. Dian sudah menjadi juragan tanah dan aku masih tetap menjadi ”juragan mimpi”, entah itu cita-cita, dunia zero violence atau mimpi buruk tentang kegagalanku mengembara liar di alam yang katanya fanaini. Meskipun begitu, aku selalu merindukan dunia glidhig, kesahajaan kawula alit yang mendapatkan uang benar-benar dari keringatnya, kesedarhanaan dalam memaknai hidup, penuh nilai-nilai relijiusitas meskipun tidak setiap menit harus bersujud.

”Kami yakin bahwa sang penguasa itu sudah menggariskan hitam putih seorang manusia, namun tidak mengingkari bahwa setiap orang mampu menggoreskan merah atau biru di garis hitam putih itu”
Kalimat yang slalu kuingat dari dulu, ”Mas gama, saiki wis gedhe tenan, ngalahke mas Alfa gedhene”, terucap lagi. ”Pripun kabare? Kok enggal-enggal mriki, rak boten onten punopo2 tho? Bapak ibu sae?” sambutnya masih berdiri di depan pintu.

”Alhamdulillah sae mas. Puniko namun dolan kok. Badhe pados informasi siti,menawi onten ingkang mirah kalian sreg wonten ati”, jawabku segera.Perbincangan kami sampai juga pada kesepakatan untuk menengok tanah di tengah-tengah persawahan di desa sebelah.

...

”Pripun putrane mas? Pun wisuda dereng?” tanyaku disela-sela perjalanan menuju sawah.
”Wah,malah rodo mutung jhe mas gama, pun semester 8 malah jalukleren. Stress kulo.” jawabnya.
”Ingkang bajenng? Punopo taksih kerjo wonten Rokok sampoerna?” tanyaku lagi.

”Taksih mas, sak puniko malah asring leren ten ngomah.” ujarnya sambil menatap jauh hamparan kebun tebu.

“Wah, sampun bebrayan 5 tahun ning dereng Bathi jhe mas Gama. Kolo wingi malah kengeng alangan. Tekor 25 juta. Dereng rejekinipun” lanjutnya.

“Kok saget tekor mas?” tanyaku memastikan aku tidak salah dengar.

“Anu e dik gama,...”, sejenak dia menghentikan jawabannya.

“Panjenengan semingu kolowingi punopo maos KR? Anak kulo dados salah setunggalipun korban. Ning boten purun diwawancarai wartawan”, jawabnya sambil menatapku, mencoba mengadu. Binar matanya mencoba meyakinkan bahwa anaknya adalah korban. Jika tidak ingat aku ada di sana, mungkin air matanya turut meyakinkan kepedihan itu.

“Kulo moco mas, namung ingkang pundi?” tanyaku setelah beberapa saat,mncoba memberinya waktu untuk bernafas.

“Ingkang penipuan perempuan ingkang pingin gadah momongan puniko lho. Ingkang sak puniko pun ten Polres Bantul. Anak kulo kan dados salah setunggalipun korban, mesakke tenan. Sak puniko keweden, kolowingi boten wantun wangsul. Taksih alhamdulillah boten telas kathah”, ujarnya yang diakhiri dengan nafas panjang.

“Kok saget mas? Punopo bitencerito sak derenge?” tanyaku mencoba menggali permasalahan.

“Boten mas, kulongertose nggih pun kebacut jhe”... “mbok bilih dereng rejekinipun” terusnya.

“Pelakunipun puniko pinter menjerat korban mas. Anak kulo nggih boten ngertos menawi priyayi puniko badhe ngapusi, lha wong ingkang kengeng (jadi korban) kathah. Mbok bilih puluhan mas. Setunggal tiyang onten ingkang kengeng 30 juta mas. Nek anak kulo kengeng 15an juta. Alhamdulillah boten tambah mas, saget ketututan.”

“Kok saget mas?”

“Pelakunipun pinter milih korban. Piyambake stan by wonten klinik-klinik bersalin kalian dokter praktek. Kadang wonten rumah sakit ageng, PKU Bantul kalian RSUD Bantul. Menawi onten pasangan ingkang dereng kasil gadah momongan,biasanipun dicedhaki, diajak ngobrol kalian diiming-imingi program alternatif memiliki momongan. Sinten mas ingkang purun nolak rejeki. Anak, momongan kan rejeki. Anak kulo purun, tumut program. Pun sak wetawis kok malah jebule buntung”, ujarnya dengan nada merendah.

“Keconanganipun pripun mas?” tanyaku meminta penjelasan.

“Kan onten ingkan dangu nderek programipun, ndelalah padaranipun ageng.pas dipun check kok sanes “mbobot”, jebul padaranipun gedhe boten onten isinipun mas. Terus korbanipun lapor polisi. Bar lapor kok korban sanesipun sami jedul sedanten. Jebule pun gadah korban ten pundi-pundi. Mugi-mugi kapok mas”, ...

“Badhe lapor boen mas, putranipun panjenengan?” tanyaku memastikan nasib hukum putrinya.

“Boten mas, punlego pelakunipun kecekel. Anakkulopun dadi korban. Mangke menawi tonggo tepalih ngertos, malah tambah parah mas. Mesakke bocahe.”

“Alhamdulillah sak puniko pun boten natenagis dalu-dalu maleh mas”... “Mas gama Pripun? Putranipun pinten?” tanyanya mencoba menghentikan perbincangan ini.

“Alhamdulillah setunggal mas, putri kulo pun 6 bulan, sehat mas.” Jawabku segera.

Aku kemudian bercerita bagaimana aku dan istriku juga ketakutan luar biasa. Diskusi-diskusi tentang konstruksi seksualitas, gender dan konsep pernikahan, tidak juga membuat rasa takutku hilang begitu saja. Aku masih hidup di dunia patriarkhis, dunia dogma, dunia entah.
Seperti merasa esok tidak kan pernah berjumpa dengan mentari.

aku mengatakan padanya, "kulo nggih gadah masalah ingkang sami, ning pun lewat mas, kantun belajar urip,belajar bab engkang sanesipun".
aku kemudian bercerita tentang puluhanbahkan mungkin pasnagan yang mengalami hal yang sama dan belummelaluinya karena keterbatasan informasi.
aku bercerita tentang TORCH dan diamenanyakan di mana klinik tersebut bisa diakses. segera,dia meminta alamat tersebut dan memberitahukan kepada anaknya.

satu harap dari kebon tebu

Untuk semua perempuan yang sedang berjuang melawan “TORCH”,jangan pernah menyerah.

Kami mengalaminya dan kami melaluinya

kami melaluinya dan kami mengalaminya

hanya copast !

Cerita #1


AKU MENCINTAINYA DAN AKU PINGIN DIA BERSAMA ORANG LAIN

"Aku sayang ama dia, Ma. Aku mencintainya. Namun tubuh ini tidak mengendakinya. Tubuh ini tidak akan mampu membahagiakannya," barisan kalimat seorang perempuan yang sedang menceritakan kisah cintanya, sampai saat ini masih terekam olehku,.

Perempuan yang menunggu hadirnya kekasih selama masa kuliahnya di Jogja. Setelah bertahun-tahun menunggu hadirnya pujaan hati, setelah bersama, harus berpisah karena dia mencintainya.

"So? Why did you let him go?" tanyaku.
Tanpa ekspresi, segera air matanya membasahi pipi. Tersengal, menahan kepedihan, dia mencoba menjawab pertanyaanku dengan terbata. Membiarkan air matanya turun membasahi jilbab yang dia kenakan, dengan tertunduk, dia mengatakan, "Rahim ini tidak akan pernah memberikan keturunan untuknya. tubuh ini tidak akan penah memberikan bahagia untuknya",....

Seolah tercekat, aku mengalihkan pandanganku. Mencoba menerawang jauh pada kalimat-kalimat yang lain tentang konsep seorang anak, konsep keturunan, prokreasi, konsep bagaimana peran sosial yang dikonstruksi menjadi "kodrat" khusus untuk perempuan.

Ups, aku terdiam, kami terdiam, membisu.

Tangisnya semakin kuat, ingin melepas segala penat, seolah ingin menggugat semua orang. Bagiku, tangisnya tentu bukan tanpa alasan.

Setelah beberapa menit kami terdiam, kami mulai berkomunikasi meskipun bukan dengan klimat dan suara. Dengan gerak tubuh, pandangan mata, dan helai nafas kami. Aku mencoba mengatur kalimat, mengatur mimik, mengatur nafas dan mencari momentum yang tepat untuk membuka obrolan lagi. Dia menatapku, kemudian tersenyum.

Sembari menyeka air matanya, dia berkata, "Maaf, aku malah jadi menangis. Aku malu!"

Aku membalasnya dengan tersenyum simpul, ”Menangislah, mungkin itu bisa membantu. Aku pun pernah menangis!”

“Btw, kenapa kamu ingin dia pergi pada saat dia ingin bersamamu?” tanyaku.

“Aku gak bisa melihat dia menderita, aku gak ingin dia menemaniku untuk yang satu ini. Meskipun aku berharap…” jawabnya sambil menatap sudut ruang dengan pandangan kosong.

“Bagaimana dengan dia (laki-laki yang menjadi pasangannya), apakah dia juga ingin pergi saat tahu rahim itu tidak bisa memberinya keturunan? Apakah dia ingin meninggalkanmu saat nestapa menghampirimu? Apakah dia ingin menemanimu hanya saat bahagia menjelang?”, tanyaku ingin tahu bagaimana dengan pasangannya.

Belum sempat dia menjawab, aku meneruskan pertanyaanku, “Kenapa kamu sangat yakin jika rahim itu tidak lagi berfungsi?”

Dia menatapku tajam, menghela nafas dan kemudian kembali menangis. Kali ini, ingusnya keluar, menegaskan bahwa dia sangat terluka.

copast dari postingan saudara saya

Kenyataan ini, terlalu pedih untuknya

Vonis bahwa TORCH (toksoplasma dan CMV) hidup di darahnya, membuat tubuhnya melemah. Secara fisik, tubuhnya sering pingsan. Terlebih saat Menstruasi. Bukan hanya nyeri yang dirasakannya, bahkan sampai pingsan.

“Aku gak tau ma, Aku gak tau. Aku mencintainya dan aku ingin dia bersama orang lain…, itu saja,…”
Satu cerita tentang kawanku, yang menghentikan hubungan dnegan ornag yang dicintainya karena merasa dirinya tidak layak lagi untuk pasangannya karena terserang TORCH. Dengan luka mendalam, dia merelakan kebahagiaannya agar pasangannya mendapatkan keturunan.

Sedangkan dia, merasa cukup bahagia jika tidak pingsan saat menstruasi menjelang.

Wednesday, August 25, 2010

RALAT

TEMAN TEMAN, JANGAN PEDULIKAN POSTINGAN SEBELUM INI. ITU NGGAK PENTING, MAAF YA :) saya sudah senang sekarang :)

Tuhan tolong saya :'(

Aaaaaaaargh ! Aku benci hari ini, aku benci kalian yang sok tahu padahal kalian sama sekali nggak tau apa apa. Aku benci kalian selalu menghubung hubungkanku dengan mereka, dia, atau anda. SAYA BENCI ITU !

Tolong biarkanlah saya tenang dengan hidup saya sendiri. Saya sudah memilih dan saya yakin dan bahagia dengan pilihan saya itu. Dan itu benar benar keputusan saya sendiri, tak ada kaitannya dengan siapa pun. Dan tolong jangan jerat saya omong kosong kalian dan masa lalu, karena sesungguhnya saya sudah jauh bebas dari itu semua.

Maaf, mungkin saya berlebihan, mungkin saya salah paham dengan maksud perkataan kalian, mungkin saya terlalu close minded. Saya mohon maaf, hanya saja saya tak suka. Sekali lagi maaf.

Bukan apa apa, saya hanya merasa lelah. Jadi tolong hentikan dan biarkan saya bahagia :) terima kasih :)

Monday, August 23, 2010

...and rain will fall... - mocca

i can't understand why my world keeps turning
And i can't understand why the sun keeps shining
Cause you left me all alone

But i do understand that you have someone better
And i can understand that you saved me for later
I can take and i will wait

All that i need now is the rain to fall from the sky,
To washed away my pain inside
All that i need is the rain to fall from the sky,
The rain will fall the rain will fall
The rain will fall the rain will fall

Saturday, August 21, 2010

bunch bunch day

sebuah cerita tentang seseorang, dari seseorang, dan untuk seseorang. Karena dari dialah semua cerita berpangkal, dan dari dia pulalah semua cerita bermuara.
terimakasih Tuhan, adalah kata yang sangat ingin kudengar darinya untuk waktu yang telah Dia berikan untuknya, untuk setiap langkahnya, dan untuk semua oksigen dalam setiap nafas yang telah Dia berikan untuknya.

#bunchbunchday nggak tau kapan kenal dan kenapa bisa sampai kenal haha
#bunchbunchday selalu buat aku ketawa
#bunchbunchday selalu nungguin aku sampek aku tidur, bahkan sampai aku bangun lagi
#bunchbunchday suka bikin aku bingung kalo udah mutung
#bunchbunchday pertama kali marah gara-gara tak becandain, dan pas itu aku nggak tau kalo itu bikin dia marah
#bunchbunchday nggak suka kalo dipanggil nyuk nyuk, padahal menurutku itu lucu banget
#bunchbunchday kadang suka ngelakuin hal yang sangat nggak penting
#bunchbunchday jarang tidur, sukanya ngalong. Mungkin termasuk jenis manusia nokturnal haha
#bunchbunchday sukanya kelayapan, kalo sehari aja nggak ngelayap kayaknya gatel gitu
#bunchbunchday nggak pernah mau diingetin ultahnya, soalnya ngingetin kalo dia tambah tua
#bunchbunchday pengen umurnya dibawah 20 terus ckck imposible
#bunchbunchday care banget dan suka khawatiran
#bunchbunchday kadang kadang kayak anak kecil, nggak mau kalah kalo debat haha :p
#bunchbunchday sudah dewasa. Dan aku yakin, dia bisa bertindak dengan pola pikir yang dewasa pula
#bunchbunchday susah makaaaan, sering kelaperan
#bunchbunchday selalu ngingetin buat bobo, tapi kadang kalo ketiduran mutung :p
#bunchbunchday sayaang banget sama keluarganya (kadang bohong dikit)
#bunchbunchday suka minta saran kalo lagi ada masalah (nggak tau bisa bantu apa enggak :p)
#bunchbunchday satu2 nya orang yang membuat aku merasa dewasa (apa tua ya ?)
#bunchbunchday selalu laporan kalo habis melakukan kesalahan
#bunchbunchday mungkin bukan orang baik, tapi aku yakin dia mulai berubah menjadi baik. Dan aku sangat menghargai usahanya itu demi orang2 yang dia sayangi dan menyanginya

Hei dude ! I'm sure you will, you want, you can, to make your life better. Just thinking of your beloved people, imagine that they are cry before you do something wrong. And i believe, that you will never ever tell them lies and dissapoint them :)

Ich gratuliese Ihnen zum Geburstag viel Gluck :)

bunch bunch day

Wednesday, August 18, 2010

yes, that is you

Is that you ? Someone who always makes me laugh with your dry jokes

Is that you ? Someone who always comfort me

Is that you ? Someone who always accompany me till i fall asleep

Is that you ? Someone who coloured my life

Is that you ? Someone who always cheer me up when a fall

Is that you ? Someone who always take me home

Is that you ? Someone who always worried about me

Is that you ? Someone who always hold me

Is that you ? Someone that always called my name in your pray

Is that you ? Someone who that that makes me feels like home when I'm around you

Is that you ? Someone, that will I share my life with


Is that you ? Yes that is you

Saturday, July 31, 2010

the 67 words for ririn

happy birthday ririn sayang muah muah :* haha, sebenernya saya ingin menulis banyak hal dpostingan kali ini, tapi capek bgt, besog ya :)
Intinya, happy birthday ya ririn :)

Monday, July 19, 2010

my family

hei kalian, yang akur ya :') aku tahu kalian saling care each other . Gapapa deh aku yang makan ati, yang penting kalian akur . Family is the most important thing to keep :) jaga ibu kalian baik baik :-D

Tuesday, July 13, 2010

cruise on you

TERIMAKASIH HANAN, ILA, IMENG, AMI, TIWI, AYUK BUAT BUKUNYA :') I MISS YOU ALL :*


Sinopsis Buku

Impian Marella cuma satu: naik kapal pesiar! Maka Marella langsung ikut ketika sebuah majalah online mengadakan Kontes Foto Romantis. Dia tidak peduli walaupun sekarang dia jomblo dan satu-satunya foto romantis layak kirim yang dia punya adalah fotonya dengan Jonas, mantan pacar yang angkuh, menyebalkan, dan pemarah.

Tak disangka Marella memenangi kontes itu. Dia bahagia bukan kepalang. Namun, impiannya terlalu indah untuk menjadi kenyataan. Hadiah harus diambil oleh pasangan dalam foto. Sementara, jejak Jonas begitu sulit dilacak sejak putus dua tahun lalu.
Kesabaran Marella memperjuangkan mimpinya diuji. Yang jelas Marella tidak bakal menyerah begitu saja. Dia rela melakukan APA SAJA demi terwujudnya impian tersebut.

Sunday, July 11, 2010

often friendship ends with love, seldom love ends with friendship.


Edelweiss in summer :)

Friday, July 9, 2010

10 spot cegatan di jogjakarta :p

mungkin informasi ini berguna buat teman2 yg sering melanglang buana di jogja tapi gak punya sim (include me) tempat mana aja yang biasa jadi spot cegatan :

1. Di depan telkom kobar. Sering banget tuh disitu, apalagi hari sabtu. Tp bisa di hindari terutama buat anak padz, soalnya keliatan dari sekolah.
2. Masi di daerah kobar, tepatnya dideket gereja kobar. Dan lagi2 sering pas liburan dan tanggal tua.
3. Di tugu ke selatan , hm tepatnya di daerah kosong selatan KR.
4. Di LPP, sebelahnya empire xxi
5. Di deket PH tugu
6. Di depan rs. Hidayatullah umbulharjo
7. Di polsek umbulharjo
8. Di jalan imogiri ( lupa km berapa )
9. Di depan purawisata
10. Di perempatan gondomanan , tepatnya di depan smp 2 .

Kalo ada yang tahu spot lainnya, komen postingan ini ya hahaha :p

Wednesday, July 7, 2010

Summer Breeze

Enggak tahu kenapa aku tertarik banget sama fil yang adapted dari novel ini. Novel ini bercerita tentang kisah tiga anak manusia yang terlibat cinta segitiga. Mereka adalah Ares, Orion, dan Reina. Ares dan Orion adalah saudara kembar. Sosok Reina bagi kedua anak laki-laki itu sangat kuat menancap dalam ingatan keduanya. Mereka menyayangi Reina, begitu pun sebaliknya.
Ketika masih kecil mereka membuat janji untuk selalu bersama. Namun, karena tugas Ayahnya, Reina kecil harus pindah ke Amerika. Bagi Ares, Reina adalah satu-satunya teman yang dapat mengerti dirinya. Kepergian Reina, membuat Ares kesal, marah dan menganggap Reina adalah penghianat. Terlebih, Reina tidak pernah memberi kabar. Ares bahkan mengganggap Reina tak akan pernah kembali, dan dia pun berusaha memusnahkan sosok Reina dari ingatannya. Sementara Orion terus berharap dan optimis bahwa Reina akan kembali.
Seiring waktu berlalu, Ares tumbuh menjadi seorang yang skeptis dan emosional. Seumur hidupnya dicap bodoh oleh keluarganya. Ares dikenal sebagai mahasiswa yang urakan sekaligus preman kampus. Bahkan Ayahnya menganggap Ares tidak punya masa depan. Tak ada yang tahu kalau Ares sebenarnya adalah penderita disleksia. Sementara Orion tumbuh menjadi seorang yang dikagumi orang banyak karena prestasi akademik dan olahraga. Kaluarganya pun selalu memujinya. Ares dan Orion pun bagai kucing dan anjing, selalu bertengkar.
Kemunculan Reina dari Amerika sungguh membuat si kembar terkejut. Reina kini telah menjelma sebagai seorang sosok gadis remaja yang sangat cantik. Orion sungguh senang, dia benar-benar jatuh cinta pada Reina. Namun, Reina sebenarnya telah memilih sejak sepuluh tahun lalu. Reina mencintai Ares. Perseteruan antara Ares dan Orion pun makin tajam.
Dalam novel ini penulis dengan pintarnya memainkan emosi pembaca. Alurnya tidak membosankan dan gaya bahasanya “kena” untuk kalangan muda. Penokohan cukup kuat dengan akhir cerita yang membuat orang shocked. Dari segi bobot isi, novel ini bagus, karena selain cinta, ada nilai-nilai keluarga, persaudaraan, dan sedikit bumbu psikologi.

Finally, I met her, Diana Rikasari :)

yaaaaaaaaaaay :) akhirnya kemarin pas tanggal 4 Juli kesampaian juga ketemu kak Diana Rikasari. Temen2 pasti udah tahu kan siapa itu kak Diana ? dia itu fashion bloggerdengan blognya yang sangat keren HOT CHOCOLATE AND MINT atau alamat URLnya itu dianarikasari.blogspot.com . Seneng deh bisa ketemu langsung dan dapat banyak pelajaran darinya. Walaupuin aku salah beli tiket huhu harusnya beli yang Cloth Fastnya doang tapi aku malah beli yang Jogja fair, tapi gapapa semua terbayar. Seminarnya baguuuuuuuuuuuuuus, presentasinya kak diana yang mengambil tema Personal Branding Through Blog banyak memberikan pelajaran buat temen2 yang tertarik di dunia blog terutama fashion blogger. lumayaaaaanlan sekalian hoby siapa tahu bisa jadi inspirasi mix n match buat temen2 yang baca blog kita. buat temen-temen yang kemarin belum bisa dateng, ini ada sedikit flash back topik kemarin. Blog = Personal Branding, jadi blog lita itu di ibaratkan sebagai brand yang kita buat sendiri dan di promosiin di publik. yang kedua, blog kita itu harus jelas tujuannya, dan berguna buat orang lain yang baca blog kita. Nggak harus berilmu seperti knowlegde atau blog ilmiah-ilmiah gitu, yang penting setiap orang membaca blog kita, dia dapat mengambil sesuatu yang positif dari blog kita. dan pesen kak diana yang paling utama, yakni KONSISTEN dengan blog kita. jangan mudah bosan, misalnya baru 3 bulan ngeblog udah nggak diterusin lagi. nggak harus ngeposting tiap hari kok, yang penting teratur dan isinya up to date . Kurang lebih gitulah isi workshop kemarin. Makasih ya kak Diana atas ilmunya :)) Nice to meet you


Tuesday, July 6, 2010

bimbang

pertama kali aku tergugah
Dalam setiap kata yang kau ucap
Bila malam tlah datang
Terkadang ingin kutulis semua perasaan

Kata orang rindu itu indah
Namun bagiku ini menyiksa
Sejenak kufikirkan untuk kubenci saja , dirimu
Namun sulit ku membenci

Monday, July 5, 2010

one heart,
I have only one heart. I have break it once , and i can't break it twice.

Wednesday, June 30, 2010

hate and love today

In
Kuta beach at night
Menyusuri legian bersama 66
Sanur beach <3

Out

Jangkrik krik krik banget:'(
SELFISH !
tanah lot pasang:'(

Tuesday, June 29, 2010

Girlsfact :)

Flower means i'm sorry
Chocolate means i love you

:)
Hate and love today

In

nice trip to bali
Kuaci
obrolan world cup

Out

nothing
Nothing
Nothing


So, today is a nice day, nice trip :)
have a nice holiday everyone !

cerita cinta pulau dewata,

kami di sini bukan untuk belanja, fotofoto, liburan menghambur-hamburkan uang, kami disini hanya untuk menikmati indahnya kebersamaan di akhir indahnya masa sma, bersama kalian padmanaba 66. Inilah perjalanan kita, sejuta cinta pulau dewata :)


Tepat pukul 12.51 kami berangkat meninggalkan sekolah kami padmanaba tercinta. Yah, walaupun hanya satu bus, jadi sekitar 49 orang padz 66 dtambah aksel 67 serta pak didik dan pak padmana, saya harap ini akan menjadi perjalanan kita yg indah yang akan selalu terpatri dalam hatiku, hatimu, hatiya, semua padmanaba 66.


Buat teman2 yg blum bisa ikut perjalanan kali ini, have a nice holiday guys, buat yg lagi ekspdc ujung kulon ati2 ya, buat yg lagi ujian semangat ya, buat yg ke bromo jangan lupa edelweissnya, buat yang malam ini manggung sukses ya, buat yg ke jakarta janji gantungan kuncinya tak tagih loh, buat yang lagi di solo jangan lupa kita workshop besok minggu, buat yg ptta sama pplb sukses eventnya, for all, have a nice holiday guys :D



Salam hangat,


Sejuta cinta pulau dewata

Monday, June 28, 2010

5 "M"

5 "M" penting dalam persahabatan . .

1. Memahami
2. MEMPERCAYAI
3. Menyayangi
4. Menghargai
5. MENJAGA

semoga saya, kamu, dia, kalian, mereka yang telah membaca, menerima, dan mengirim kata-kata ini benar benar merealisasikannya !
hate and love today

In

Malioboro with andong <3
Kebaya nenek
Packing finished :')


Out

Annoying kids
Nggak ke sekolah:'(
Romusha nyetrika -.-"

Sunday, June 27, 2010

Women are made from the ribs of men
Not from his head to top him
Or not from his feet to stepped upon
But to side closed to him
Beneath his arm to be protected by him
Near his heart to be loved by him

Diana Rikasari Workshop :)))


THE CARNIVAL – Clothing, Distro, & Art Exhibition

Jogja Expo Center | 2nd – 4th July 2010 | 08am – 10pm

Ticket for all days : IDR. 15,000

RSVP : call/sms 08563553906/0274-9218854

Agenda :

July 2nd

- Workshop with Dhanank Pembayun (Digital Illustrator): ‘Prologue & Case Study‘
- DJ’s Performance
- Music Performance by: The Cadenzza, Rebel Shockin, Cartoon Heroes, Spider’s Last Moment, Savior, Armada Racun, and The Upstair

July 3rd

- Workshop with Arie Prajoedi (Illustrator) – ‘Pencahayaan dengan Warna Terbatas untuk Aplikasi Kaos‘
- DJ’s Performance
- Music Performance by: Four Kicks, Shoolinen, lex Luthor, The Hero, hand of Midas, Radio at Midnight, Java Sould, Cranial Incisored, and Jenny

July 4th

- Workshop with Ipan Pranasakti (Online Sales Chieve): ‘Toko Online Sukses&Pemasaran kreatif‘ & Diana Rikasari (Fashion Blogger): ‘Personal Branding Melalui Blog‘
- DJ’s Performance
- Music Performance by: Beauty Hell, Up 2 U, Hot F, Attack the Headline, Tripping Junkie, Silly Walks ft. Sarita Fraya, Sangkakala and Captain Jack

with many Top Brands on Distro..

Don’t Miss It!

Tentang kami, wanita setengah purnama

Kami, wanita setengah purnama memang cukup merepotkan bagi kalian, tuan pemuda

Kami, para wanita sungguh sebenarnya tau bahwa kalian bukanlah tokoh romantic yang dapat melukis dan menggambar wajah kami dengan indah layaknya Jack Dawson dalam Titanic, maka itu kami tidak pernah minta kalian melukis wajah kami dengan indah, maka paling tidak saat kami minta kalian melukis wajah kami, gambarlah, meskipun hasilnya akan seperti Jayko, kami pun akan sangat senang menerimanya, karena kami tau kalian telah berusaha, tuan.

Kami, para wanita sungguh sebenarnya tau bahwa kalian bukanlah peramal, pesulap layaknya David Coverpeal yang dapat menebak isi pikiran kami atau apa yang kami inginkan saat kami hanya terdiam dan memasang wajah bosan, tapi saat itu kami hanya ingin tau , sesabar apakah kalian menghadapi kami saat kami sedang sangat menyebalkan seperti itu, kami tidak meminta kalian menebak apa keinginan kami, maka bersabarlah dan teruslah bertanya” Jadi maunya gimana ?” dan kami pun akan sangat senang mendengarnya, lega, kalian masih memperhatikan kami, tuan.

Kami, para wanita sungguh sangat tau bahwa kalian bukanlah Khalil Gibran atau yang mampu menceritakan kisah romantic seperti Shakespear, maka itu kami tidak akan pernah meminta kalian untuk membuatkan puisi cinta setiap minggu atau melakukan hal romantic lainnya, tapi percayalah jika kalian melakukan itu demi kami-tanpa kami minta, meskipun hasilnya lebih mirip karangan anak sd sekalipun kami akan sangat senang menerimanya, dan sekalipun kami tidak suka bunga, namun mengertilah bahwa melihat bunga rose di pinggiran jalan menggoda hati kami, dan kami pun akan sangat senang menerima pemberian anda, karena kami ingin selalu memilki anda, tuan.

Kami, para wanita sungguh sangat mengerti bahwa kalian tidaklah sebriliant Isaac Newton ataupun Albert Einstein, namun kami sebenarnya sangat menghargai bantuin kecil dari kalian saat membantu kami mengerjakan tugas dan merasa sangat senang melihat kalian berusaha melakukan itu untuk kami, bukan karena kami ingin memanfaatkan kalian untuk mengerjakan tugas kami, namun kami ingin menunjukkan pada kalian bahwa kami lebih mempercayai kalian daripada Isaac Newton ataupun Albert Einstein sekalipun. Meskipun hasilnya tidaklah seperfect jika kami mellakukannya sendiri, tapi sungguh kami sangat senang melihat kalian telah berusaha mengerjakan semua itu demi kami, terima kasih, tuan.

Kami para wanita sungguh sangat mengerti bahwa kalian tidaklah segagah Achilles pada film Troy, maka itu kami tidak pernah meminta kalian untuk mengikuti program peng six pack an tubuh, sungguh kami menerima kalian apa adanya, tuan. Namun kami akan meminta kalian untuk berhenti dan tidak merokok, sungguh karena kami sangat peduli dengan anda dan kesehatan anda, tuan. Dan saat kami mendapati kalian telah melanggar janji kalian untuk berhenti dan tidak merokok pada kami, kami mungkin marah, tapi itu semua kami lakukan karena kami khawatir pada kalian, tuan. Kami lebih menghargai kalian jika kalian berkata jujur pada kami bahwa kalian belum dapat mengilangkan kebiasaan buruk tersebut, daripada membohongi kami hanya untuk membuat kami senang, karena sesungguhnya semua itu hanya demi kalian, tuan. Dan yakinlah, kami akan selalau ada di samping kalian untuk membantu kalian meninggalkan kebiasaan buruk itu. Dan jika kami tidak sayang pada kalian, kami pun tidak akan pernah mengingatkan kalian tentang apa pun yang kalian lakukan, sekalipun itu menghancurkan diri kalian sendiri, tuan . maka kami minta maaf jika kalian merasa kami seperti ibu kalian yang selalu mengingatkan kalian, tapi sungguh, itu semua kami lakukan karena kami sayang dan perhatian pada kalian, tuan.

Kami, wanita setengah purnama sungguh sebenarnya tau bahwa kalian bukanlah pangeran berkuda putih yang melawan nagaa untuk menyelamatkan puti tidur, karena kami pun bukanlah putri tidunya, sehingga kami pun tidak pernah meminta kalian untuk melawan preman pasar yang telah menggoda kami beberapa waktu lalu, tapi setidaknya mengertilah tanpa harus kami minta, di saat hujan lebat datang dan di rumah sedang mati lampu dan ayah ibu belum pulang, kami hanya akan mengandalkan kalian, maka itu temani kami walau hanya dengan sms atau telefon, karena menurut kami berbincang dengan kalian adalah melegakan, maka jangan tukar keadaan itu dengan game PS 2010 kesayangan kalian ataupun dengan terlelap di bawah selimut yang hangat, itu sangat mengesalkan ! tuan.

Kami, para wanita sebenarnya tau bahwa kalian bukanlah bayi yang harus selalu di ingatkan tentang ini dan itu, tentang schedule2 kalian, tentang tugas2 kalian, untuk sembahyang, ataupun sekedar untuk makan dan di ingatkan untuk tidak ngalong tiap malam, tapi mengertilah bahwa kami sangat merisaukan anda, kenapa kami mengingatkan kalian makan atau sembahyang, karena tepat saat itu kami hendak akan makan atau sembahyang, maka kami pun akan selalu ingat kalian. Dan jika kalian membalas dengan berkata “ Iya, kamu juga ya !” maka kami akan sangat senang kalian telah mengingatkan kami kembali, dan kami pun akan membalas “ Iya makasi, bentar lagi nih”

Kami para wanita sungguh sebenarnya tau kalian tidaklah bisa seperti ibu kami yang bisa mengentikan tangisan kami, tapi tolong mengertilah, di saat kami menangis di hadapanmu, kami bukan sedang ingin di hentikan tangisanya, justru kami saat ingin kalian di hadapan kami menampung berapa banyak air mata yang kami punya, atau sekedar melihat apa reaksi kalian melihat kami menangis. Maka kadang kami menangis saat kalian marah pada kami, bukan karena kami lemah, tapi karena kami tidak ingin kehilangan kalian, tuan. Dan jika kami menangis di hadapan kalian, bukan karena kami ingin mencari perhatian kalian, tapi karena kami merasa kalianlah orang yang tepat untuk membuat kami merasa tenang di saat kami sedih dan menangis, dan apabila kalian meminjamkan bahu kalian untuk kami, dan mengusap air mata kami, kemudian berkata “semua akan baik-baik saja” sungguh itu akan sangat membuat kami merasa lebih baik, tuan.

Kami tau bahwa kalian adalah makhluk yang tidak peka terhadap kami, dan terlalu lugu untuk percaya pada setiap hal yang kami katakan, dan saat kami terdiam dan tampak tidak seperti biasanya, sebenarnya kami pun sangat menunggu anda untuk bertanya “ kamu kenapa ? apakah ada masalah ?” dan mungkin kami hanya akan menjawab “tidak, aku baik-baik aja” itu adalah bahasa kami untuk menyatakan bahwa kami sedang tidak dalam keadaan baik namun kami masih menganggap kalian adalah malaikat penyelamat yang mampu mengatasi ketidakbaik-baikan kami tanpa kami beritahu, karena kami tidak ingin terlalu menuntut kalian untuk melakukan semua hal yang kami katakan, dan itu bukan pertanda kami marah pada kalian, tuan. Sungguh, karena kami tidak bisa marah terhadap orang yang kami sayang. Yakinlah itu, tuan.

Kami tau kalian bukanlah bayangan kami yang selalu menemani kami kemanapun kami pergi, tapi setidaknya tanyakanlah kabar kami apabila kalian tidak dapat menemukan kami pagi ini di kantin sekolah, setidaknya hanya untuk memastikan kami dalam keadaan baik-baik saja, dan apabila kami sedang dalam keadaan tidak baik (sakit) maka jika kalian mengatakan ”cepet sembuh ya”, sungguh itu membuat kami merasa lebih baik, kami pun juga akan melakukan hal seperti itu pada kalian, tuan. Dan apabila kami mendapati kalian akan pergi untuk suatu urusan yang terhitung berbahaya, maka kami pun hanya bisa berkata “ ati-ati ya “ dan berdo’a agar tidak terjadi apa-apa dengan kalian dengan terus bertanya-tanya tentang keadaan kalian di luar sana, dan apabila kalian telah selesai dengan kegiatan itu, maka beritau kami bahwa kalian dalam keadaan baik-baik saja, karena kami sangat mengkhawatirkan kalian, tuan. Maka kadang kami marah pada kalian saat kalian tidak sms dan menelepon. Sejujurnya kami hanya khawatir dengan kalian, dengan keadaan kalian. Dan saat kami menerima sms dari kalian, sungguh, kami merasa sangat lega kalau kalian baik-baik saja, tuan.

Iya, kami sepertinya tau apa yang kalian pikirkan tentang kami yang merepotkan ini. Tapi begitulah kami, akan selalu merepotkan kalian, tuan. Hal ini bukan sesuatu yang kami banggakan, namun ini bahasa kami untuk mempercayakan hati kami pada kalian. Jika kalian bukanlah orang yang kami percayakan, maka kalian tidak akan kami repotkan, karena kami sangat perasa, dan mudah merasa tidak enak dan enggan untuk merepotkan orang lain. Jika kalian merasa kami repotkan, berarti kalian bukanlah orang lain bagi kami, tuan.

Kami tidak senang bermain-main, tuan pemuda. Maka tolong jaga hati yang kami percayakan ini. Kami mungkin mudah berbesar hati, tapi sekali kami menaruh hati pada satu pemuda butuh waktu yang lebih lama dari menemukan lampu bohlam untuk menghilangkannya (bukan melupakan).

Kami akan sulit menemukan hati baru setelah itu, karena kami harus membiasakan diri lagi. Padahal kami sudah terbiasa dengan anda, terbiasa melakukan semuanya dengan anda. Maka tolong mengertilah tuan. Karena kami, wanita sungguh sebenarnya tau, kalian pemuda, dapat mengatasi tingkah kami yang merepotkan ini.

Kami, wanita setengah purnama pun sadar dan tau bahwa orang yang tepat untuk kami bukanlah orang yang kami inginkan dan kami puja, tapi orang yang selalu ada untuk kami, dan menemani kami. Hanya butuh waktu untuk meyakinkan hati kami bahwa kalianlah orang yang tepat untuk kami, tolong yakinkanlah kami, tuan pemuda